Pages

Blogger templates

Follow Instagram penulis : @bayupradikto // Imajinasi lebih penting daripada ilmu pengetahuan (Einstein) // Kita tidak selalu bisa membangun masa depan untuk generasi muda, tapi kita dapat membangun generasi muda untuk masa depan (F.D. Roosevelt) // Apa guna kita memiliki sekian ratus ribu alumni sekolah yang cerdas, tetapi massa rakyat dibiarkan bodoh. Segeralah kaum sekolah itu pasti akan menjadi penjajah rakyat dengan modal kepintaran mereka (Paulo Freire).
Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 12 April 2012

JENIS-JENIS KEAKSARAAN



Keaksaraan Dasar (Dekonsenterasi)
Merupakan kemampuan membaca, menulis, berhitung, mendengarkan, dan berbicara untuk mengomunikasikan teks lisan dan tulis sederhana dengan menggunakan aksara dan angka dalam Bahasa Indonesia. Dana Keaksaraan Dasar merupakan bantuan biaya operasional penyelenggaraan keaksaraan bagi penduduk usia 15 tahun ke atas agara mereka mampu memperoleh Surat Keterangan Melek Aksara (SUKMA).

Keaksaraan usaha mandiri
Kegiatan peningkatan kemampuan keberaksaraan melalui pembelajaran ketrampilan usaha yang dapat meningkatkan produktivitas seseorang maupun kelompok secara mandiri bagi warga belajar yang telah mengikuti dan atau mencapai kompetensi keaksaraan dasar.

Pendidikan Keaksaraan Keluarga
Merupakan kemampuan memberdayakan keluarga untuk melatih kemampuan berkomunikasi melalui teks lisan, tulis, dan angka dalam bahasa Indonesia agar anggota keluarga yang belum beraksara mampu memeroleh, mencari, dan mengelola informasi untuk memecahkan masalah sehari-hari, khususnya berkaitan dengan pencegahan risiko kematian ibu melahirkan dan bayi, kesehatan keluarga, dan pendidikan karakter.

Pendidikan Keaksaraan untuk Daerah Bencana :
Pendidikan Keaksaraan untuk Daerah Bencana adalah layanan pendidikan masyarakat tanggap darurat bagi masyarakat korban bencana, melalui pemberian kit pembelajaran, cepat, kreatif, inovatif dan terukur baik secara kualitas maupun kuantitas.

Pendidikan Keaksaraan Berbasis Seni Budaya Lokal
Merupakan kemampuan melestarikan seni budaya lokal melalui pembelajaran dan pelatihan untuk meningkatkan keberaksaraan dan keberdayaan masyarakat di bidang seni budaya lokal. Bantuan Pendidikan Keaksaraan Berbasis Seni Budaya Lokal merupakan bantuan biaya operasional penyelenggaraan pendidikan keaksaraan seni budaya lokal.

Aksara Kewirausahaan
Merupakan kemampuan kewirausahaan masyarakat yang dibelajarkan melalui rintisan/pengembangan inkubator bisnis dan sentra usaha mandiri untuk meningkatkan keberaksaraan dan penghasilan peserta didik dan masyarakat sekitar.



(sumber : www.paudni.kemdiknas.go.id)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogroll

Silahkan memberikan komentar/kritik/saran/ucapan terimakasih untuk kebaikan web ini. Terima Kasih!!!