Pages

Blogger templates

Follow Instagram penulis : @bayupradikto // Imajinasi lebih penting daripada ilmu pengetahuan (Einstein) // Kita tidak selalu bisa membangun masa depan untuk generasi muda, tapi kita dapat membangun generasi muda untuk masa depan (F.D. Roosevelt) // Apa guna kita memiliki sekian ratus ribu alumni sekolah yang cerdas, tetapi massa rakyat dibiarkan bodoh. Segeralah kaum sekolah itu pasti akan menjadi penjajah rakyat dengan modal kepintaran mereka (Paulo Freire).
Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 10 Juni 2013

PERENCANAAN PROGRAM PAKET C



BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 pasal 13 ayat 1 menegaskan bahwa ”...jalur pendidikan terdiri atas Pendidikan Formal, Non Formal dan Informal yang dapat saling melengkapi dan memperkaya”. Pendidikan Informal dan Non Formal merupakan pendidikan yang berlangsung di luar sekolah yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan belajar masyarakat yang tidak dapat dipenuhi dalam Pendidikan Formal.
Pendidikan nonformal meliputi pendidikan kecakapan hidup, pendidikan  usia dini, pendidikan kepemudaan, pendidikan pemberdayaan perempuan, pendidikan keaksaraan, pendidikan  dan pelatihan kerja. Pendidikan kesetaraan meliputi Paket A, Paket B dan Paket C, serta pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik seperti: Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), lembaga pelatihan, kelompok belajar, majelis taklim, dan lain sebagainya, yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik.
Pendidikan Kesetaraan merupakan pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan umum salah satunya program Paket C setara SMA/MA dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan, keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian profesional peserta didik.
Program Paket C adalah program pendidikan menengah pada jalur pendidikan  nonformal setara SMA/MA bagi siapapun yang terkendala ke pendidikan formal atau berminat dan memilih pendidikan kesetaraan untuk ketuntasan pendidikan menengah. Pemegang ijazah Program Paket C memiliki hak eligibilitas yang sama dengan pemegang ijazah SMA/MA.
B.       Dasar
1.         Undang-undang Dasar 1945
2.         Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
3.         Peraturan pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
4.         Keputusan Menteri Pendidikan Nasional nomor 0131/U/1994 Tentang Program Paket C.
5.         Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 14 tahun 2007 Tentang Standar Isi Pendidikan Kesetaraan
6.         Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 3 tahun 2008 tentang Standar proses Pendidikan Kesetaraan.  

C.       Pengertian
Program Paket C adalah program pendidikan menengah pada jalur pendidikan  nonformal setara SMA/MA bagi siapapun yang terkendala ke pendidikan formal atau berminat dan memilih pendidikan kesetaraan untuk ketuntasan pendidikan menengah. Pemegang ijazah Program Paket C memiliki hak eligibilitas yang sama dengan pemegang ijazah SMA/MA.
D.      Tujuan
Tujuan penyelenggaraan program Paket C adalah untuk bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap yang setara dengan lulusan Sekolah Menengah Atas (SLTA) yang bermanfat untuk meningkatkan taraf hidupnya dan untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

E.       Ruang Lingkup
Kelompok belajar Sahabat Mandiri sebagai tempat penyelenggaraan Pendidikan Non Formal dan In Formal seperti program Paket C Setara SMA, dan sebagainya yang dalam penyelenggaraannya melakukan kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
a.         Tahap Persiapan meliputi kegiatan
1)      Mensosialisasikan kegiatan Kelompok Belajar Sahabat Mandiri pada masyarakat di lingkungan disekitarnya serta pada masyarakat pada umumnya.
2)      Mengidentifikasi dan mendaftarkan calon warga belajar serta menyiapkan tenaga pengajar/tutor yang sesuai dengan bidang masing-masing.
3)      Menentukan penanggung jawab dan penyelenggaraan program masing-masing
4)      Menentukan dan menyiapkan tempat belajar yang akan digunakan dalam kegiatan belajar.
b.        Tahap Pelaksanaan
1)      Kegiatan belajar dilakukan 2 kali dalam satu minggu (untuk tutorial)
2)      Ujian Nasional Paket C Setara SMA dilaksanakan dua kali dalam tiap tahunnya.
3)      Melakukan pengajuan dana kepada instansi tertentu demi kelancaran dalam penyelenggaraan program yang ada.
c.         Tahap Pengendalian
1)      Melakukan evaluasi terhadap keberhasilan warga belajar
2)      Melaksanakan laporan kegiatan
3)      Melaksanakan laporan pertanggung jawaban dalam penggunaan dana bantuan.

F.       Sasaran Program
Sasaran dari program ini adalah kelompok belajar Paket C yaitu warga belajar yang berjumlah 40 orang warga belajar.





BAB II
PELAKSANAAN PROGRAM

A.     Penyelenggaraan Program
Program pembelajaran Paket C ini diselenggarakan oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat kelompok belajar Sahabat Mandiri yang beralamat di Kelurahan Bentiring

B.     Waktu Pelaksanaan
Program Pembelajaran Paket C Kegiatan belajar dilakukan 2 kali dalam satu minggu (untuk tutorial) dan Ujian Nasional Paket C Setara SMA dilaksanakan dua kali dalam tiap tahunnya.

C.     Hasil yang diharapkan
 Adapun hasil yang diharapkan dalam penyelenggaraan program Paket C oleh kelompok belajar Sahabat Mandiri adalah :
1.      Terselenggaranya program Paket C Setara SMA dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia sesuai dengan program yang ada.
2.      Terjaminnya mutu penyelenggaraaan Program Paket C baik dalam pengelolaan manajemen kelompok belajar maupun pengelolaan belajar.
D. Kegiatan/Pembelajaran/Jadwal
a.      Kegiatan Pembelajaran
Proses pembelajaran yang dilaksanakan pada program Pendidikan Kesetaraan di kelompok belajar Sahabat Mandiri terhadap para peserta didik dilakukan melalui beberapa cara :
1.      Belajar Bersama- sama secara klasikal
2.      Belajar bersama secara berkelompok
3.      Belajar secara mandiri
Selain belajar sendiri secara mandiri dirumah atau ditempat lain yang lebih nyaman, dalam setiap minggu para peserta didik belajar secara teratur yaitu melaksanakan belajar mandiri dan kelompok dengan cara menggunakan modul.
4.      Tutorial
Peserta didik belajar secara klasikal melalui tatap muka bersama tutor sesuai dengan jadwal pembelajaran yang telah ditentukan. Melalui belajar tatap muka ini diharapakan masalah-masalah yang belum dapat terselesaikan/terpecahkan selama mereka belajar secara mandiri. Dalam kegiatan tatap muka ini, tutor memanfaatkannya untuk membahas bagian-bagian yang dianggap sulit oleh peserta didik. Dari proses pembelajaran secara tutorial ini, maka tutor akan melakukan penilaian kemajuan belajar peserta didik.
b.      Langkah-langkah Pelaksanaan
1)   Tahap Perencanaan
                                  i.          Cara rekruitmen (Pendaftaran, Seleksi dan penetapan warga belajar)
Dalam merekuitmen peseta didik/warga belajar, pengelola mensosialisasikan program secara luas kepada masyarakat dengan bekerjasama dengan lurah dan aparat kelurahan. Pendaftaran dilakukan secara terbuka dan diumumkan kepada masyarakat disekitar program akan dilaksanakan. Kemudian dilakukan indentifikasi terhadap calon warga belajar untuk mendapatkan warga belajar pada jenjang pendidikan yang sesuai dengan keinginan calon warga belajar.
                                ii.          Kriteria Warga Belajar
Kriteria yang dijadikan tolak ukur dalam melakukan seleksi terhadap warga belajar yang akan mengikuti Program Pendidikan Kesetaraan (Paket A, B, dan C), adalah warga belajar yang berusia 12-55 Tahun, Diutamakan Keluarga yang kurang mampu dan karena sesuatu hal tidak dapat memperoleh kesempatan pendidikan formal, dan mempunyai kemauan belajar.

                              iii.          Jumlah warga belajar yang dibina
Jumlah warga belajar yang akan dibina pada Program Pendidikan Kesetaraan paket C di Kelompok Belajar Sahabat Mandiri pada tahun 2013 akan dijelaskan secara terinci Paket C
2)   Tahap Pengorganisasian
Pengorganisasian kegiatan program pendidikan Kesetaraan  dengan perincian tugas masing-masing sebagai berikut :
                                            i.            Sebagai penangung jawab kegiatan adalah Ketua kelompok belajar Sahabat Mandiri
                                          ii.            Pengelola kegiatan merangkap sebagai pengelola keuangan kelompok belajar Paket C dengan tugas-tugas mengendalikan pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar, melaporkan perkembangan pelaksanaan kegiatan kelompok belajar.
                                        iii.            Tutor mempunyai tugas melaksanakan kegiatan belajar – mengajar kegiatan belajar-mengajar ini dilaksanakan dari bulan Juli 2013 sampai dengan Juni 2014.
3)      Tahap Pelaksanaan
Materi pembelajaran yang diberikan pada pendidikan kesetaraan Paket C terdiri dari mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PPKN, Sosiologi, Matematika, Ekonomi, Tata Negara dan praktek keterampilan Life Skill yang disesuaikan dengan kebutuhan warga belajar.
1.      Proses Pembelajaran
Pada Program kesetaraan sesuai dengan karakteristik, maka strategi pembelajaran yang digunakan adalah strategi pembelajaran orang dewasa dan secara tutorial, dengan metode belajar partisipasif. Warga belajar diusahakan teribat secara penuh dalam proses pembelajaran kelasa campuran dan materi yang diberikan diselesaikan sesuai dengan kebutuhan mereka.

2.      Tempat Belajar
Tempat pelaksanaan Pembelajaran Program Pendidikan Kesetaraan C adalah di ruang belajar Kelompok Belajar “Sahabat Mandiri” dan sesekali belajar di rumah warga belajar sesuai dengan kesepakatan.
3.      Waktu Belajar
Kegiatan Pembelajaran dilakasanakan 2  (dua) kali dalam seminggu yang dilaksanakan yang dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan antara pengelola dan warga belajar.
4.      Tutor
Tutor pada  program pendidikan Kesetaraan C berasal dari Guru-guru SMP, SMA dan Pengurus kelompok belajar yang mempunyai kualifikasi yang sesuai. rekruitmen dengan kriteria : Latar Belakang pendidikan yang sesuai dengan program yang sesuai dengan program yag dilakukan, dan mempunyai kerja terlatih, dari Kriteria yang ditetapkan maka dipilihah orang tutor yang indentitasnya dapat dilihat pada lampiran.  
E.  Mitra Kerja
Dalam pelaksanaan kegiatan program Pendidikan Kesetaraan (Paket A,B dan C) dilakukan kerjasama dengan kepala desa dan perangkat kelurahan setempat untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi program, mendukung sarana pembelajaran dan menumbuhkan minat masyarakat untuk mengikuti program Pendidikan Kesetaraan (Paket A, B, dan C) ini.  Selain itu instansi yang menjadi mitra kerja dengan lembaga kelompok belajar Sahabat Mandiri adalah Dinas Pertanian, Dinas Peternakan, Dinas Pendidikan Nasional, Dinas Tenaga Kerja, Sanggar Kegiatan Belajar, Tim Penggerak Kecamatan dan kelompok belajar-kelompok belajar lain yang berada di Kabupaten / Kota.


F.  Sarana dan Prasarana
Adapun sarana dan prasarana yang dibutuhkan dan dipergunakan dalam menyelenggarakan program Paket C adalah sebagai berikut :
NO
Sarana dan Prasarana
Jumlah
1
Meja Belajar
10 Set
2
Insentif Penyelenggara
1 orang
3
Insentif Tutor
7 Orang
4
Rak buku
2 Buah
5
Papan White Board
1 Buah
6
Bahan Habis Pakai
-
7
Modul Pembelajaran
15 Paket
8
Alat tulis
15 Paket
9
Ragi Belajar
-
10
Evaluasi dan pelaporan
-

G.  Pengorganisasian Penyelenggaraan Program
Dalam menjalankan programnya kelompok belajar Sahabat Mandiri memiliki struktur Organisasi sebagai berikut :
a.       Ketua                    : Bayu Pradikto
b.      Sekretaris              : Sayyid Abu Bakar
c.       Bendahara             : Ezi Eriani

H.  Tenaga Pendidik (Tutor)
No
Nama
L/P
Pendidikan
Bidang Study
Alamat
1





2





3





4





5





6





7









BAB III
PEMBIAYAAN

            Kelompok Belajar Sahabat Mandiri untuk menyelenggarakan kegiatan proses kegiatan belajar mengajar ini, dengan menggunakan dana swadaya, donatur dan sponsor. Adapun dana swadaya yaitu berasal dari peserta didik yang telah disepakati bersama. Untuk donatur dan sponsor dalam kegiatan ini sifatnya fleksibel baik itu dari pihak swasta atau pemerintahan.


BAB IV
PENUTUP

            Secara umum Program Pembelajaran Paket C ini diharapkan dapat mengfungsikan pendidikan sesuai dengan fitrahnya, yaitu mengembangkan potensi manusiawi peserta didik untuk menghadapi di masa datang dan mendapatkan haknya untuk mendapatkan pengajaran. Secara khusus Program Paket C ini diharapkan dapat :
1.      Melayani Masyarakat/Warga Belajar Paket C pada daerah yang tidak terlayani pada Pendidikan Formal dan belum termasuk pada Program Kelompok Belajar Sahabat Mandiri sebelumnya.
2.      Menghasilkan Warga Belajar yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan kemampuan setara dengan sekolah formal.
3.      Meningkatkan dukungan dan perhatian dari pemerintah daerah.
4.      Meningkatkan jumlah dan jenis program Paket C yang berkualitas baik.
5.      Menghasilkan Warga Belajar memasuki dunia kerja
6.      Mengharapkan Warga Belajar melanjutkan pendidikan ke Pendidikan Tinggi  



RINCIAN DANA PAKET C (KELAS AWAL)
No
Komponen
Paket C (Kls Baru)
VOL
SAT
BIAYA
TOTAL
1.
Bahan




A.
Modul/Bahan ajar
15
set
100.000
1.500.000
B.
Penilaian tes semester
15
OK
50.000
   750.000

Sub total 1



2.250.000
2.
Alat




A.
Alat tulis peserta didik
15
OT
50.000
750.000
B.
Administrasi pembelajaran
1
SET
50.000
50.000
C.
Sarana Pembelajaran
1
SET
150.000
150.000
D.
Bantuan pembiayaan keterampilan
15
Org
200.000
3.000.000

Sub total 2



3.250.000
3.
Tenaga




A.
Transport tutor (7 org x 12 bln)
72
OB
100.000
7.200.000
B.
Transport Penyelenggara (1 org x 12 bln)
12
OB
100.000
1.200.000

Sub total 3



8.400.000

Total 1 + 2 + 3



13.900.000
TOTAL

13.900.000








0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogroll

Silahkan memberikan komentar/kritik/saran/ucapan terimakasih untuk kebaikan web ini. Terima Kasih!!!