Pages

Blogger templates

Follow Instagram penulis : @bayupradikto // Imajinasi lebih penting daripada ilmu pengetahuan (Einstein) // Kita tidak selalu bisa membangun masa depan untuk generasi muda, tapi kita dapat membangun generasi muda untuk masa depan (F.D. Roosevelt) // Apa guna kita memiliki sekian ratus ribu alumni sekolah yang cerdas, tetapi massa rakyat dibiarkan bodoh. Segeralah kaum sekolah itu pasti akan menjadi penjajah rakyat dengan modal kepintaran mereka (Paulo Freire).
Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 31 Juli 2013

Contoh Proposal Kegiatan Bakti Sosial



LATAR BELAKANG

Dalam era globalisasi ini nilai-nilai kompetitif sangat dibutuhkan dan dipersiapkan baik secara personal maupun institusional. Terjun dan berinteraksi langsung ke lapangan adalah suatu hal yang sangat strategis dalam mengaktualisasikan diri guna mempersiapkan kader-kader penerus perjuangan bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang teruji dan memiliki orientasi jangka panjang. Sumber daya manusia merupakan suatu komponen pendukung terpenting dalam jalannya perkembangan baik dalam suatu organisasi ataupun lembaga-lembaga pendidikan serta pemerintah sekalipun. Maka dari itu, peningkatan sumber daya manusia harus dibina dan disertai dengan pendidikan, baik Formal maupun Non Formal.
PLSPMD atau yang lebih dikenal dengan PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH PEDULI MASYARAKAT DESA merupakan salah satu kegiatan sosial mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu. Kompleksnya permasalahan yang ada dimasyarakat merupakan wadah bagi mahasiswa dalam pengaplikasian konsep dan teori yang didapat dalam proses perkuliahan, dalam hal ini mahasiswa sebagai calon agen-agen perubah diharapkan mampu dan terampil dalam menghadapi dan mencari solusi terhadap permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat.
Lebih Esensial bagi mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah (PLS), kegiatan ini dapat mengkondisikan mahasiswa kedalam situasi nyata yaitu bagaimana mengaplikasikan konsep dan teori yang didapat terhadap kondisi real yang ada dalam rangka mencari solusi konkrit terhadap masalah yang ada di lingkungan masyarakat. Hal ini dikarenakan kompetensi yang didapat mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah (PLS) merupakan kemampuan dalam merencanakan, mengorganisir, melaksanakan, mengontrol dan mengevaluasi sebuah pendidikan masyarakat dan keluarga. Substansi inilah yang mewajibkan setiap pelatihan, penyuluhan, pengajaran dan lain-lain, yang kesemuanya itu berawal dari sebuah analisis, identifikasi terhadap kebutuhan real masyarakat. Untuk mendapat akurasi mengenai hal tersebut mahasiswa Pendidikan Luar sekolah (PLS) harus melihat secara langsung mengenai kondisi lingkungan, sosial, budaya dan lainnya.
Maka dari itu kami mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu ingin  mengadakan kegiatan PLSPMD atau bisa di katakan Kegiatan Bakti Sosial Mahasiswa PLS ini guna memberikan sumbangsih dan kontribusi langsung  kepada masyarakat yaitu berupa penerapan langsung ilmu-ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah. Kegiatan semacam ini menurut kami sangatlah bermanfaat dan memberikan nilai lebih baik bagi mahasiswa itu sendiri mau pun masyarakat setempat.

DASAR KEGIATAN

§  Dasar Negara Indonesia Pancasila dan UUD 1945
§  Program Kerja HIMAPLUS UNIB periode 2010/2011


0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogroll

Silahkan memberikan komentar/kritik/saran/ucapan terimakasih untuk kebaikan web ini. Terima Kasih!!!