Pages

Blogger templates

Follow Instagram penulis : @bayupradikto // Imajinasi lebih penting daripada ilmu pengetahuan (Einstein) // Kita tidak selalu bisa membangun masa depan untuk generasi muda, tapi kita dapat membangun generasi muda untuk masa depan (F.D. Roosevelt) // Apa guna kita memiliki sekian ratus ribu alumni sekolah yang cerdas, tetapi massa rakyat dibiarkan bodoh. Segeralah kaum sekolah itu pasti akan menjadi penjajah rakyat dengan modal kepintaran mereka (Paulo Freire).
Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 21 September 2015

PENGERTIAN KAJIAN ANDRAGOGI



  1. Pengertian Pengkajian
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengkajian berarti Nomina (kata benda) proses, cara, perbuatan mengkaji; penyelidikan (pelajaran yang mendalam); penelaahan: mengadakan eksplorasi dan pengkajian dalam bentuk proyek utama untuk membangun koperasi.

  1. Pengertian Andragogi
Andragogi adalah seni dan ilmu mengajar orang dewasa. Istilah dewasa ditafsirkan sebagai kedewasaan psikologis ketimbang dewasa dalam makna usia kronologis (Danim, 2015:127).
Dalam istilah praktis andragogi berarti bahwa pengajaran untuk orang dewasa perlu lebih berfokus pada proses dan kurang pada konten yang diajarkan. Strategi seperti studi kasus, permainan peran, simulasi dan evalusi diri biasanya dipandang paling bermanfaat daripada selayaknya guru atau dosen mengajar di ruangan kelas konvensional.
Menurut Knowles (1984) Karakteristik pelajar dewasa adalah sebagai berikut :
1.     Self concept atau konsep diri. Sebagai orang yang matang konsep dirinya bergerak dari kepribadian tergantung ke sosok manusia yang bisa mengarahkan dirinya sendiri.
2.     Experience atau pengalaman. Orang dewasa memiliki pengalaman yang menjadikan sumber daya yang meningkat untuk belajar.
3.     Readiness to learn atau kesiapan untuk belajar.
4.     Orientation to learning atau orientasi untuk belajar.
5.     Motivation to learn atau orientasi untuk belajar. Sebagai orang dewasa motivasi untuk belajar adalah internal.

2 komentar:

 

Blogroll

Silahkan memberikan komentar/kritik/saran/ucapan terimakasih untuk kebaikan web ini. Terima Kasih!!!