Pages

Blogger templates

Follow Instagram penulis : @bayupradikto // Imajinasi lebih penting daripada ilmu pengetahuan (Einstein) // Kita tidak selalu bisa membangun masa depan untuk generasi muda, tapi kita dapat membangun generasi muda untuk masa depan (F.D. Roosevelt) // Apa guna kita memiliki sekian ratus ribu alumni sekolah yang cerdas, tetapi massa rakyat dibiarkan bodoh. Segeralah kaum sekolah itu pasti akan menjadi penjajah rakyat dengan modal kepintaran mereka (Paulo Freire).
Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 20 Maret 2016

PENDIDIKAN DASAR SEBAGAI FONDASI PENDIDIKAN DI ATASNYA




Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan pendapat yang menyatakan bahwa pendidikan dasar merupakan fondasi dari seluruh jenis dan jenjang pendidikan di atasnya, sehingga mutu pendidikan nasional sangat tergantung kepada mutu pendidikan dasar itu sendiri. Selain itu apa saja muatan pokok yang terkandung di dalamnya, dan mengapa pendidikan dasar harus bersifat wajib dan bebas biaya. Berikut penjelasannya :

Menurut UU No.20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas pasal 17 menjelaskan bahwa (1) Pendidikan dasar merupakan jenjang pendidikan yang melandasi jenjang pendidikan menengah. (2) Pendidikan dasar berbentuk Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau bentuk lain yang sederajat serta Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsunawiyah (MTs), atau bentuk lain yang sederajat.
Pendidikan dasar merupakan landasan peserta didik dalam membentuk karakter yang memberikan bekal akan kemampuan-kemampuan dasar seperti membaca, menulis, menyimak, menutur dan berhitung/numerik. Kemampuan-kemampuan ini harus dimiliki oleh peserta didik agar menjadi bekal dijenjang pendidikan berikutnya. Selain kemampuan tersebut diatas, yang paling penting adalah membentuk kemampuan intelektual, sosial, moral dan emosional yang bermanfaat bagi kehidupan siswa sesuai dengan tingkat perkembangannya.
Menurut Taufiq (2012), fungsi pendidikan dasar sebagai jenjang awal dari pendidikan di sekolah untuk mengembangkan dasar pribadi manusia sebagai warga masyarakat dan warga negara yang berbudi luhur, beriman, bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, serta memiliki kemampuan dan ketrampilan dasar sebagai bekal untuk pendidikan selanjutnya dan bekal hidup di masyarakat. Jadi fungsi tersebut mampu membentuk dan mengembangkan dasar kepribadian peserta didik, menjadikan peserta didik sebagai warga masyarakat dan warga negara Republik Indonesia yang baik, sebagai transpormasi budaya dan sebagai sarana transisional.
Pendidikan dasar merupakan pendidikan yang wajib, karena menjadi kompetensi yang fundamen harus dimiliki oleh masing-masing individu pada zaman seperti saat ini. Hal tersebut tertuang dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas pasal 34 (1) Setiap warga negara yang berusia 6 (enam) tahun dapat mengikuti program wajib belajar. (2) Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjamin terselenggaranya wajib belajar minimal pada jenjang pendidikan dasar tanpa memungut biaya. (4) Ketentuan megenai wajib belajar sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), ayat (2) dan ayat (3) diatur lebih lanjut dengan Peraturan Pemerintah.
Jadi sangat jelas sekali bahwa pendidikan dasar itu bersifat wajib tanpa harus membeda-bedakan suku, golongan, agama, jenis kelamin dan keadaan sosial. Karena bersifat wajib, maka haruslah bebas biaya agar menggapai semua warga negara Indenesia. Selain dari itu, pendidikan dasar merupakan salah satu program utama dalam program pendidikan untuk semua yang dalam program inisiatif UNESCO dituangkan dalam kesepakatan Dakar atau “The Dakar Declaration Education for all” (Suryadi, 2014:106).

DAFTAR PUSTAKA

Suryadi, Ace. 2014. Pendidikan Indonesia Menuju 2025. Bandung : Remaja Rosdakarya Offset
Taufik, A. 2002. Pendidikan Anak di SD. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka
Undang-Undang Dasar 1945
Undang-Undang Nomor 20. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Balitbang Depdiknas

Sumber lain :
4.         https://www3.nd.edu/~rbarger/www7/compulso.html                                                   
6.         www.unicef.org/crc/
8.         http://education.stateunivers
http://bellaology.blogspot.co.id/2011/08/apa-itu-education-of-sustainable.html

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogroll

Silahkan memberikan komentar/kritik/saran/ucapan terimakasih untuk kebaikan web ini. Terima Kasih!!!