Pages

Blogger templates

Follow Instagram penulis : @bayupradikto // Imajinasi lebih penting daripada ilmu pengetahuan (Einstein) // Kita tidak selalu bisa membangun masa depan untuk generasi muda, tapi kita dapat membangun generasi muda untuk masa depan (F.D. Roosevelt) // Apa guna kita memiliki sekian ratus ribu alumni sekolah yang cerdas, tetapi massa rakyat dibiarkan bodoh. Segeralah kaum sekolah itu pasti akan menjadi penjajah rakyat dengan modal kepintaran mereka (Paulo Freire).
Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 24 Oktober 2016

MASS EDUCATION



Sebenarnya dalam istilah mass education itu berbeda-beda disetiap negara. Di Indonesia istilah mass education ini lebih identik oleh kalangan pemerintah disebut Pendidikan Masyarakat, yang mana tugas-tugasnya pada masa itu mempelajari masalah pemberantasan buta aksara, kursus-kursus dan pengetahuan umum.
Sementara di negara Afrika (Togo), menggunakan istilah yang sama yaitu Mass Education yang kurang lebih sama dengan yang ada di Indonesia yaitu konsen di Pemberantasan buka aksara, memberi pelatihan kepada pemimpin-pemimpin dan pelatihan yang dilakuakn didesa-desa, membangun kehidupan sosial, dan kebaktian sosial. Di India, istilah Mass Education itu  dinamakan Pendidikan Sosial/ Social Education. Konsen dari pendidikan sosial adalah pemberantasan buta huruf, pengatahuan tentang kesetahan tubuh dan lingkungan, pelatihan untuk perbaikan taraf ekonomi, pendidikan kewarganegaraan, dan hiburan yang berisi pendidikan.
Perbedaan istilah-istilah dari masing-masing negara itu disebabkan antara lain karna adat yang berbeda setiap negara, mata pencaharian yang berbeda tiap negara, sikap hidup yang berbeda tiap negara.
Referensi :
Santoso, R.A. 1956. Pendidikan Masjarakat djilid I, II dan III. Bandung : Ganaco N.V.

Gila... itu referensi jadul banget !!!??? Gak apa-apalah, kan teori dasar.


 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogroll

Silahkan memberikan komentar/kritik/saran/ucapan terimakasih untuk kebaikan web ini. Terima Kasih!!!