Pages

Blogger templates

Follow Instagram penulis : @bayupradikto // Imajinasi lebih penting daripada ilmu pengetahuan (Einstein) // Kita tidak selalu bisa membangun masa depan untuk generasi muda, tapi kita dapat membangun generasi muda untuk masa depan (F.D. Roosevelt) // Apa guna kita memiliki sekian ratus ribu alumni sekolah yang cerdas, tetapi massa rakyat dibiarkan bodoh. Segeralah kaum sekolah itu pasti akan menjadi penjajah rakyat dengan modal kepintaran mereka (Paulo Freire).
Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 09 November 2017

APLIKASI PENCARI SKRIPSI, TESIS, DISERTASI DAN JURNAL

Assalamualaikum,
Hai teman-teman semua!!! Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan pengalaman saya dalam mencari skripsi, tesis, disertasi dan jurnal.

Mungkin teman-teman sekarang sedang dihadapkan dalam sebuah situasi yang membutuhkan waktu, pikiran, tenaga bahkan materi dalam salah satu fase pada proses kuliah. Iya benar…. Situasi itu ketika dihadapkan pada akhir-akhir masa kuliah, entah itu namanya tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi atau tugas-tugas ilmiah lainnya. Hal ini lah yang juga saya alami dalam proses perkuliahan saya. Kita mencari referensi-referensi untuk menyusun tugas akhir tersebut yang tentunya banyak berurusan dengan hasil-hasil penelitian yang pernah ada, artikel dan jurnal-jurnal dan buku-buku yang terkait dengan penelitian kita tadi.

Sebenarnya cukup banyak situs penyedia jurnal-jurnal, skripsi, tesis dan disertasi yang ada di internet. namun beberapa diantaranya ada yang bisa free access dan ada yang tidak bisa dengan bebas akses atau harus membayar ketika ingin mengaksesnya. Dari sekian banyak situs-situs yang menyediakan akses terhadap skripsi, tesis, disertasi dan jurnal, saya iseng-iseng mencoba membuka playstore yang ada di handphone android saya, Yuppzzz… dan ternyata ada satu aplikasi yang rattingnya cukup bagus dan feedback orang-orang yang pernah mengunakannya cukup baik. Nama aplikasinya “GUDANG SKRIPSI”. Gudang skripsi merupakan mesin pencarian tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi dan jurnal yang memiliki koleksi lebih dari 600.000 karya ilmiah. Ya, seperti yang telah dijelaskan tadi, walupun nama aplikasinya gudang skripsi, namun tetap ada juga tesis, disertasi dan jurnal-jurnal. Baik, langsung saja kita bahas bagaimana cara mengdownload, instal dan menggunakan :

Pertama, pastikan anda memiliki handphone android yang juga memiliki kuota atau anda bisa menggunakan wifi. Silahkan buka Playstore di aplikasi android anda, dan mengetik pada kolom pencarian dengan nama GUDANG SKRIPSI. Setelah ketemu, langsung saja download dan instal.



Kedua, setelah berhasil di instal, langsung saja buka aplikasinya. Langsung saja Login/Register dengan mengisi sesuai dengan arahan dan permintaan. Atau bisa juga login dengan facebook. Nanti akan menyambungkan dengan facebook.

Ketiga, setelah berasil Login/Register langsung bisa mencari skripsi, tesis, disertasi, jurnal dan tugas akhir. Langsun masukkan kata kunci judul yang akan dicari pada kolom search dan ketik kata kunci. Setelah selesai langsung ketik (go) pada papan ketik android anda. seperti pada gambar berikut :


Keempat, maka akan muncul beberapa pilihan hasil pencarian sesuai dengan kata kunci yang telah anda masukkan sebelumnya. Silahkan anda pilih sesuai keinginan anda dengan langsung klik pilihan judul yang tersedia.


Kelima, setelah dibuka sesuai pilihan maka akan muncul deskripsi berupa identitas penulis karya ilmiah tersebut dan abstraknya. Silahkan terus scroll sampai ke bawah. Maka akan muncul bagian-bagian karya ilmiah tersebut. Ada yang bab I, bab II dan seterusnya. Bila ada tulisan yang berwarna biru dan memiliki keterangan ukurannya (misalnya 829kb) maka itu bisa untuk didownload. Seperti pada gambar berikut :


Keenam, anda sudah bisa memiliki tulisan tersebut dalam berbagai format, ada yang ms.word dan ada yang pdf. Selanjutnya silahkan buka difolder handphone android anda untuk bisa membaca via smartphone anda dengan praktis.

Mungkin itu sedikit ulasan dan pengalaman saya selama menggunakan apkikasi tersebut dan Alhamdulillah aplikasi ini cukup banyak membantu saya dalam mencari referensi-referensi dalam menyelesaikan tugas-tugas akhir. Mungkin nanti ada beberapa karya ilmiah yang tidak bisa didownload, karena memang tidak bisa dari penyedia karya ilmiahnya yang tidak memberi akses download (atau diproteksi).

Satu lagi, pesan saya aplikasi ini hanya untuk membantu mencari referensi dalam menyelesaikan tugas akhir bukan untuk ajang plagiat. Sebisa mungkin hindari plagiat. Bila ada pengutipan, hendaknya menyertakan sumber dan sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku.

Pada aplikasi juga diberikan wadah untuk kritik, saran atau bertanya melalui nomor telpon 08578202 enam enam satu enam dan via email : idrisluthfi@gmail.com.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogroll

Silahkan memberikan komentar/kritik/saran/ucapan terimakasih untuk kebaikan web ini. Terima Kasih!!!