Pages

Blogger templates

Follow Instagram penulis : @bayupradikto // Imajinasi lebih penting daripada ilmu pengetahuan (Einstein) // Kita tidak selalu bisa membangun masa depan untuk generasi muda, tapi kita dapat membangun generasi muda untuk masa depan (F.D. Roosevelt) // Apa guna kita memiliki sekian ratus ribu alumni sekolah yang cerdas, tetapi massa rakyat dibiarkan bodoh. Segeralah kaum sekolah itu pasti akan menjadi penjajah rakyat dengan modal kepintaran mereka (Paulo Freire).
Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 14 Mei 2018

PENILAIAN OTENTIK DALAM KURIKULUM 2013


Penilaian otentik dalam implementasi kurikulum 2013 mengacu kepada standar penilaian yang terdiri dari: (1) Penilaian kompetensi sikap melalui observasi, penilaian diri, penilaian “teman sejawat”(peer evaluation) oleh peserta didik dan jurnal, (2) Pengetahuan melalui tes tulis, tes, lisan, dan penugasan. (3) Keterampilan melalui penilaian kinerja, yaitu penilaian yang menuntut peserta didik mendemonstrasikan suatu kompetensi tertentu dengan menggunakan tes praktik, projek, dan penilaian portofolio
Dalam kurikulum 2013 mempertegas adanya pergeseran dalam melakukan penilaian, yaitu dari penilaian tes (mengukur kompetensi pengetahuan berdasarkan hasil kerja saja), menuju penilaian otentik (mengukur kompetensi sikap, ketrampilan, dan pengetahuan berdasarkan proses dan hasil). Dalam penelitian otentik peserta didik diminta untuk menerakan konsep atau teori pada dunia nyata. Otentik berarti keadaan sebenarnya , yaitu kemampuan atau keterampilan yang dimiliki peserta didik dalam kehidupan sehari-hari atau dunia nyata. Penilaian otentik mengacu pada Penilaian Acuan Patokan (PAP), yaitu pencapaian hasil belajar didasarkan pada posisi skor yang diperolehnya terhadap skor ideal (maksimal). Dengan demikian, pencapain kompetensi peserta didik tidak dalam konteks dibandingkan dengan peserta didik lainnya, tetapi dibandingkan dengan standar atau kriteria tertentu, yakni Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dalam penilaian otentik, guru melakukan penilaian tidak hanya pada level KD, tetapi juga komptensi inti dan SKL.
Berikut ini tabel yang menggambarkan elemen perubahan dalam penilaian pada kurikulum 2013.
Tabel 1.1
Elemen Perubahan dalam Penilaian Kurikulum 2013


Sumber : kemendikbud, 2013

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogroll

Silahkan memberikan komentar/kritik/saran/ucapan terimakasih untuk kebaikan web ini. Terima Kasih!!!